Minggu, 13 Januari 2019

Tubuh Mengobati Diri




Suatu hari saya bertemu dengan seseorang yang mengeluh mengalami kecemasan yang sangat mengganggu. Sebut saja namanya Ibu Dar. Tubuhnya kurus, matanya nampak lelah, wajahnya pucat...

Ibu Dar datang ke tempat praktik saya karena sudah beberapa hari belakangan tidak bisa tidur nyenyak. Selain itu sepanjang hari ia juga diliputi perasaan cemas yang tidak tahu karena apa.

Ketika saya gali perasaan cemasnya, ia menjawab mungkin selama ini ia terlalu memikirkan kesehatannya. Ia takut jika makan terlalu banyak menu yang digoreng bisa kolesterol. Ia takut kalau minum gula nanti bisa diabetes. Saat saya tanya mengenai riwayat sakit di masa lalu, ia menjawab bahwa semuanya normal-normal saja, tidak pernah sakit berat, terakhir cek lab juga semua baik...

Namun entah mengapa di pikiran Ibu Dar terus-menerus memikirkan "jangan-jangan, kalau-kalau sakit.."

Saya merasa sakit Ibu Dar ini adalah termasuk cluster somatoform, yaitu suatu gangguan yang terasa sebagai gangguan fisik (nyeri, mual, pusing) namun sebenarnya tidak ada gangguan medis yang berperan disini.

Benar saja, ketika Bu Dar meyakinkan saya dengan hasil lab yang dikeluarkannya dari tas, saya mulai yakin bahwa gangguan yang dialami Bu Dar adalah dari pikirannya.

Meski begitu gangguan dari pikiran ini bukan berarti sama sekali tidak berbahaya untuk fisik. Beberapa kasus yang tadinya hanyalah gangguan dari pikiran, ternyata benar-benar berdampak pada kesehatan.

Hal ini mungkin karena memengaruhi kerja metabolisme serta organ tubuh, misalnya karena seseorang mengalami kecemasan, ketakutan atau kemarahan yang terus-menerus, maka detak jantungnya tidak stabil dan ini memengaruhi bagaimana darah bekerja dan sebagainya, hingga menyebabkan keseimbangan tubuh menjadi terganggu.

Nah jika keseimbangan tubuh dalam waktu lama akan terganggu, maka akan berdampak pada kesehatan, dan biasanya yang "kena" duluan adalah organ yang paling lemah....

Maka tidak heran, jika ada seseorang yang bangkrut ataupun orang yang mengalami post power syndrom menjadi sakit-sakitan. Jantung, diabetes, darah tinggi mengjangkiti ... setelah mereka mengalami tekanan psikologis yang amat sangat ...

Oleh karenanya saya berinisiatif melakukan konseling kepada Bu Dar, apa yang sebenarnya membuatnya mengalami kecemasan. Melalui wawancara klinis saya menemukan beberapa kondisi dan peristiwa di masa lalu yang mempengaruhi kondisinya.

Setelah cukup mantap dengan data yang saya dapatkan, dan saya rasa tidak ada hal lain yang masih di tutupi, maka saya merencanakan beberapa sesi hipnoterapi untuk Ibu Dar.

Kenapa kok dengan hipnoterapi? mungkin begitu pertanyaan Anda bukan?

Sebenarnya hampir semua gangguan bisa dibantu dengan hipnoterapi, meskipun teknik yang dipakai perlu disesuaikan.

Menurut pengalaman selama ini, seseorang yang mengalami gangguan somatoform (bahasa awamnya psikosomatis) adalah seorang yang sangat sensitif terhadap sensasi fisik.

Permasalahan yang dipendam biasanya di ubah dalam bentuk kecemasan terhadap sensasi fisik. Oleh karenanya saya memilih suatu teknik yang menjadikan lebih "sadar" tentang sensasi di tubuhnya dan bisa mengendalikan intensitas rasa tidak nyamannya.

Pada sesi pertemuan kedua, Bu Dar datang dengan wajah yang sama sekali berbeda dengan sebelumnya. Ia mengatakan sudah bisa tidur nyenyak dan sudah tidak merasakan pusing ataupun nyeri di tubuhnya. Padahal selama hampir 4 tahun ia tidak pernah merasakan perasaan se"enak" ini. Pada pertemuan ketiga saya memutuskan untuk mencukupkan terapi untuk Bu Dar karena kondisinya jauh membaik.

Dalam sesi terapi tersebut, juga memberikan edukasi tentang copyng stress yang baik, meningkatkan kesadaran tentang hubungan pikiran, emosi dan gejala serta membantu Bu Dar untuk menentukan tujuannya setiap hari dan memaknai kehidupanny dalam satu hari dengan lebih baik, membuat hari-hari Bu Dar lebih bermakna.

Jadi memang benar tentang suatu kalimat bahwa :

"Obat itu sudah ada di dalam diri kita"

Jika nanti anda setuju, akan saya tuliskan kasus-kasus yang bertahun-tahun tidak sembuh dengan bantuan obat, tapi hanya dalam beberapa sesi terapi psikologi, gangguan itu seketika sembuh.
Sourcedanangb.

Untuk hypnotherapy bisa hubungi :

Rumah Sehat Thera Afiat
Jln. Kelapa Sawit Raya Blok Dd No.15
Kelapa Gading.
Jakarta utara.
Telp.   08111494599
087883171247
Ibu Sholeh +62 896-2697-9941

Tidak ada komentar:

Posting Komentar